Jakarta, CNN Indonesia —
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) menutup rangkaian acara BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) 2025 pada Minggu (2/2). Melalui inisiatif strategis ini, BRI terus berkomitmen untuk mendorong semakin banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah binaan naik kelas dan berhasil menjangkau pasar internasional.
Dalam acara yang berlangsung di ICE BSD sejak 30 Januari sampai 2 Februari ini Berhasil dihadiri oleh lebih dari 63 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi Rp38,9 miliar dan berhasil merealisasikan businesss matching dengan commitment deal mencapai US$90,6 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.
Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BRI Sunarso dalam closing ceremony BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) di ICE BSD Tangerang, Minggu (2/2).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Pada closing ceremony BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) 2025 yang mengusung tema “Broadening MSME’s Global Outreach” yang menghadirkan 1.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Unggul dari seluruh Indonesia yang siap bersaing di pasar global tersebut Bahkan dihadiri oleh Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto dan jajaran Direksi BRI, serta Sebanyaknya buyers internasional dan perwakilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa selain membuka peluang Usaha bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, expo ini Bahkan berhasil menarik minat masyarakat untuk mengenal lebih jauh produk unggulan Tanah Air. Hal ini tercermin dari jumlah pengunjung yang terus meningkat.
“Sampai saat ini kegiatan closing ceremony, total jumlah pengunjung yang menghadiri expo mencapai lebih dari 63 ribu pengunjung (angka ini masih dapat meningkat Sampai saat ini expo ditutup pada malam hari), pencapaian tersebut melampaui target sebanyak 50 ribu pengunjung dalam 4 hari,” ujarnya.
Sementara itu, dari sisi total transaksi Sampai saat ini 1 Februari 2025 (3 hari pelaksanaan) mencapai Rp38,9 miliar, melampaui target Rp38 miliar selama 4 hari pelaksanaan BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) 2025.
Transaksi ini mencakup pembelian langsung di Tempat melalui EDC dan QRIS, serta transaksi online yang dilakukan melalui Perdagangan Elektronik yang Sudah bekerja sama dengan BRI.
Terkait capaian tersebut, Sunarso Bahkan mengungkapkan bahwa BRI terus berkomitmen untuk Membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia mampu bersaing di pasar internasional dengan Menyajikan akses pasar melalui kegiatan business matching yang Sudah dilaksanakan.
“Tahun ini kami menargetkan commitment deal senilai US$89,4 juta dengan realisasi sebesar US$90,6 juta. Dan pelaksanaan business matching ini Akan segera terus berlanjut selama 2025,” ujarnya.
Lebih lanjut, Sunarso menambahkan bahwa dalam Membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Go Global, business matching tidak hanya berhenti di BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) 2025.
Sebagai bagian dari strategi jangka panjang, BRI pun berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan RI untuk Mengadakan sesi business matching secara rutin dua kali dalam sebulan guna terus membuka peluang perdagangan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Tanah Air.
Dalam rangkaian kegiatan BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) 2025, bergabungnya 506 registered buyers dari 34 negara mencerminkan tingginya minat pasar global terhadap produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia.
Capaian ini jauh melampaui target awal yang hanya 94 buyers dari 33 negara. Sampai saat ini Pada Di waktu ini, 166 peserta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Sudah mengikuti 270 sesi business meeting, membuka lebih banyak peluang bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk menembus pasar Produk Ekspor.
“Sebagai contoh success story BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) 2025, salah satu peserta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, yaitu PT Siger Jaya Abadi Sudah berhasil melakukan signing dengan pihak buyer Bluestar Food Corporation, Amerika Serikat dengan nilai transaksi US$13,05 juta,” ujar Sunarso.
Sunarso pun berharap BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) dapat semakin berkembang dan terus mengalami peningkatan, sehingga mampu terus Memperjelas akses usaha anak bangsa ke pasar internasional.
Menurutnya, upaya tersebut bukan hanya tentang peningkatan penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, tetapi Bahkan merupakan langkah BRI dalam hal pemberdayaan finansial masyarakat serta peningkatan literasi keuangan yang turut Membantu Asta Cita Pemimpin Negara Prabowo Subianto untuk menciptakan Peningkatan Ekonomi yang inklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan.
Di samping Membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Memperjelas jangkauan bisnisnya ke mancanegara, BRI Bahkan Menyajikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang Sudah menunjukkan kinerja Istimewa dalam ajang BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) 2025.
Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi, inovasi, dan kerja keras Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang Sudah menginspirasi pelaku usaha lainnya untuk terus berkembang dan berdaya saing di pasar global.
Dalam ajang Penganugerahan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Awards, BRI Menyajikan penghargaan kepada para pemenang dalam tiga kategori utama: Top Deals on Business Matching, New Comers on Business Matching, dan Best Expo.
1. Top Deals on Business Matching
Kategori ini diberikan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan capaian potential dealing tertinggi dalam sesi business matching. Penghargaan ini diberikan kepada tiga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang Berhasil mencatat transaksi potensial terbesar, yaitu:
- Bintang Kita Kemuliaan (Food & Beverage)
- Albasi Karang Layung (Home Décor & Craft)
- Gula Aren Temon (Food & Beverage)
2. Newcomers on Business Matching
Kategori ini diberikan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang belum pernah melakukan Produk Ekspor sebelumnya, tetapi berhasil mendapatkan potential deal dan buyer internasional pertamanya dalam sesi business matching selama tiga hari penyelenggaraan. Adapun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang mencapai jumlah potential deal tertinggi Merupakan:
- Rumah Atsiri Indonesia (Healthcare & Keseimbangan)
- Minyak Sacha Inchi (Food & Beverage)
- Organic Center (Food & Beverage)
3. Best Expo
Selain pencapaian dalam business matching, penghargaan Best Expo diberikan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah unggulan yang menunjukkan kesiapan Produk Ekspor Istimewa serta kemampuan beradaptasi dengan ekosistem digital, khususnya dalam pemanfaatan Perdagangan Elektronik dan marketplace. Penghargaan ini diraih oleh:
– Sila Agri Inovasi (Food & Beverage)
– Pelita Lumpang Mas (Food & Beverage)
– Restu Mande (Food & Beverage)
Melalui penghargaan ini, BRI menegaskan komitmennya dalam Membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk semakin kompetitif, baik di pasar domestik maupun global. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BRI Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah EXPO(RT) 2025, kunjungi
(inh/inh)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA