Surabaya, CNN Indonesia —
Sebanyaknya perjalanan kereta api (KA) penumpang terganggu dan mengalami keterlambatan imbas gerbong KA Barang Aksa Cargo (KA 2519) anjlok di jalur JPL 4 petak jalan Mesigit – Surabaya Pasarturi, Jatim, Kamis (19/11).
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan gangguan operasional ini berdampak pada keterlambatan beberapa perjalanan KA yang melintas Ke arah maupun dari Stasiun Surabaya Pasarturi.
“Imbas adanya anjlokan kereta barang tersebut, KAI Daop 8 Surabaya melakukan Sebanyaknya penyesuaian operasional pada beberapa perjalanan KA. Kami memohon maaf kepada seluruh pelanggan atas keterlambatan yang terjadi dan memastikan upaya percepatan normalisasi jalur terus dilakukan secara maksimal,” kata Luqman.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Sebanyaknya KA penumpang yang terganggu Dikenal sebagai KA Arah Surabaya Pasarturi – Surabaya Gubeng (SBI-SGU), KA 92-93 Jayabaya (Pasar Senen-Malang) yang terlambat sekitar 102 menit.
“Rencana diberlakukan overstappen atau pemindahan penumpang ke rangkaian pengganti,” ucapnya.
Yang Bahkan terganggu selanjutnya Merupakan KA 209 Mutiara Timur (Surabaya Pasarturi-Ketapang) mengalami Keterlambatan 76 menit, lalu KA 476 Commuter Line Jenggala (Indro-Mojokerto) mengalami keterlambatan 64 menit.
Lalu Kereta Arah Surabaya Gubeng – Surabaya Pasarturi (SGU-SBI), Dikenal sebagai KA 446 Commuter Line Arjonegoro (Sidoarjo-Surabaya Pasarturi) mengalami keterlambatan 90 menit.
Sebagai bentuk tanggung jawab kepada pelanggan, KAI Daop 8 Surabaya Menyajikan kompensasi sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.
“KAI Daop 8 Surabaya Membantu pembatalan tiket bagi pelanggan yang terdampak keterlambatan tinggi. Pengembalian dilakukan di loket stasiun dengan bea kembali 100 persen,” ucapnya.
Sejak pagi, kata Luqman KAI Daop 8 Surabaya Pernah terjadi mengerahkan tim prasarana, tim sarana, dan tim keselamatan untuk melakukan evakuasi rangkaian KA Barang Aksa Cargo, pemeriksaan rel dan komponen prasarana terdampak Sampai sekarang normalisasi jalur secara bertahap.
Luqman menegaskan seluruh tindakan dilakukan sesuai prosedur keselamatan. Ditambah lagi, koordinasi intensif dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan penanganan berlangsung Unggul dan terarah.
“Kami memohon maaf kepada pelanggan atas keterlambatan dan ketidaknyamanan yang terjadi. Seluruh personel KAI Di waktu ini Bahkan bekerja maksimal untuk menormalisasi kondisi jalur dan mempercepat pemulihan perjalanan kereta,” kata Luqman.
“Pelayanan kepada pelanggan tetap menjadi fokus utama kami, termasuk menyiapkan rangkaian alternatif dan mengatur overstappen guna mengurangi dampak keterlambatan,” tambah Luqman.
(frd/pta)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA











