Gol Roket Xavi Simons Jadi Salah Satu yang Tercepat di Semifinal Euro


Jakarta, CNN Indonesia

Gol berkelas yang dicetak pemain Belanda, Xavi Simons ke gawang Inggris masuk dalam daftar gol tercepat pada Putaran semifinal Euro.

Simons mencetak gol yang membawa Belanda Berkelas 1-0 saat Liga baru berjalan tujuh menit di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7). Ia melepaskan tembakan keras yang bersarang ke pojok kanan gawang Jordan Pickford.

Kecepatan bola yang dieksekusi Simons tercatat mencapai 161 kilometer per jam. Alhasil tembakan keras itu tidak bisa diantisipasi oleh Pickford yang Sebelumnya terbang untuk menjangkau bola.


Merujuk pada data Opta, Simons hanya kalah dari Alan Shearer. Mantan Striker Tim nasional Inggris itu bisa mencetak gol di Putaran semifinal saat Liga baru berlangsung tiga menit, 28 tahun silam.

Shearer melakukannya saat Inggris bersua Jerman di Putaran semifinal Euro 1996. Sayangnya gol itu tidak cukup karena Inggris Wajib menerima kenyataan disingkirkan Jerman lewat adu Tendangan penalti dengan skor 5-6 setelah skor imbang 1-1 selama 120 menit.

Hanya saja, gol berkelas Simonsitu tidak cukup untuk Membantu Belanda meraih kemenangan. De Oranjeharus menerima kenyataan kena comeback Inggris di Liga ini.

Inggris bisa menyamakan kedudukan melalui Tendangan penalti Harry Kane pada menit ke-18. Seiring berjalannya waktu, pemain pengganti Olli Watkins mencetak gol penentu kemenangan pada masa injury time Putaran kedua yang mengubah skor jadi 2-1.

Kekalahan ini membuat langkah Belanda Wajib terhenti. Asa untuk mengulangi pencapaian tertinggi dengan jadi juara Euro 1988 Bahkan mesti pupus setelah gagal melewati adangan The Three Lions di semifinal Euro 2024.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA