Berapa Jumlah Kalsium Harian yang Dibutuhkan Usia 50 Tahun ke Atas?

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium Nanti akan bergabung bersama mineral lainnya untuk membentuk kristal keras yang Menyajikan kekuatan dan struktur pada tulang manusia.

Sebagian kalsium diserap ke dalam darah dan digunakan untuk kesehatan pada fungsi otot, jantung, darah, Sampai sekarang saraf. Tapi, hampir 99 persen kalsium justru berada di tulang untuk membantunya tetap kuat dan sehat.

Oleh karena itu, asupan kalsium sangat penting bagi orang berusia 50 tahun ke atas. Pasalnya, pada usia tersebut, tulang mulai melemah dan membutuhkan lebih banyak kalsium untuk Mengoptimalkan strukturnya.

Merangkum berbagai sumber, tulang Bahkan bertindak sebagai bank kalsium. Bila asupan kalsium dari makanan kurang, tubuh Nanti akan mengambil kalsium dari tulang untuk digunakan di bagian tubuh lain.

Bila hal ini dibiarkan menerus, maka kepadatan tulang Nanti akan menurun dan risiko terkena osteoporosis pun semakin tinggi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jadi, berapa banyak kalsium yang dibutuhkan saat memasuki usia 50 tahun?

Pada dasarnya, jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh orang berusia 50 tahun ke atas saling berbeda pada masing-masing individu.

Pria, misalnya, Dianjurkan bisa memenuhi kebutuhan 1.000 miligram (mg) kalsium per hari. Sementara wanita membutuhkan kalsium Sampai sekarang 1.200 mg per hari.

Sumber kalsium Unggul

Beberapa makanan dan minuman ini bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium, terutama saat usia memasuki 50 tahun ke atas.

1. Susu




Ilustrasi. Susu, salah satu sumber kalsium Unggul. (iStockphoto/DieterMeyrl)

Produk susu memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam setiap 250 ml susu biasanya terkandung 300 mg kalsium. Kandungan kalsiumnya sama untuk susu skim, rendah lemak, dan susu murni.

Apalagi, Anda Bahkan bisa mengkonsumsi produk susu lainnya mulai dari yogurt Sampai sekarang keju.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau tua mengandung kalsium dalam jumlah tinggi. Mulai dari brokoli, kangkung, dan sawi merupakan sumber kalsium yang baik, terutama bila dimakan mentah atau dikukus sebentar.

3. Ikan salmon dan sarden

Satu porsi salmon atau sarden kalengan mengandung sekitar 200 mg kalsium. Kalsium kebanyakan justru ditemukan di tulang lunak ikan.

4. Sereal

Sereal, pasta, roti, dan makanan lain yang terbuat dari biji-bijian dapat menambah kalsium pada makanan.

(tst/asr)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA