Bisnis  

Airlangga Kasih Sinyal Gaji PNS Naik Lagi Tahun Depan


Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberi sinyal gaji pegawai negeri sipil (PNS) kembali naik pada 2025.

“Kalau penyesuaian (gaji) kan ke atas. Iya (ada rencana kenaikan), disesuaikan,” ujar Ia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (19/7), dilansir dari detikfinance.

Sebelumnya, gaji PNS Bahkan Pernah dinaikkan sebesar 8 persen dan pensiunan sebesar 12 persen pada tahun ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kendati, Airlangga belum menjelaskan lebih rinci berapa besaran dari kenaikan gaji PNS ini. Ia hanya memberi sinyal pada 2025 Kemungkinan Akan segera ada kenaikan gaji.

Adapun pada Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 kebijakan belanja pegawai konsisten melanjutkan proses reformasi birokrasi ke arah adaptasi pola kerja baru yang memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk mendorong produktivitas.

Dari segi pengelolaan PNS, pemerintah melihat permasalahan yang terjadi antara lain masih belum terwujudnya kesejahteraan PNS yang adil, layak dan kompetitif, serta belum diterapkannya manajemen talenta secara merata di seluruh instansi pemerintah.

Dalam dokumen KEM-PPKF, dijelaskan bagaimana belanja pegawai selama periode 2019-2023 terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 3,6 persen.

Sementara, pada 2024, belanja pegawai mencapai Rp484,4 triliun atau sekitar 2,1 persen PDB, sehingga menjadikannya salah satu komponen belanja pemerintah pusat tertinggi.

Peningkatan belanja pegawai itu antara lain dipengaruhi berbagai kebijakan yang diarahkan untuk Mengoptimalkan kesejahteraan PNS, seperti kenaikan gaji dan pensiunan pokok, pemberian gaji ke-13 dan THR untuk PNS dan pensiunan, serta perbaikan tunjangan kinerja kementerian/lembaga seiring dengan capaian reformasi birokrasi.

(del/sfr)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA