Bisnis  

Direktur Bulog Buka Suara soal Mekanisme Lelang Perdagangan Masuk Negeri Beras


Jakarta, CNN Indonesia

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi buka suara soal mekanisme lelang Perdagangan Masuk Negeri beras. Tindakan itu Bahkan dilakukan sekaligus untuk membantah isu penggelembungan harga Perdagangan Masuk Negeri beras yang Pada saat ini tengah menyeret perusahaan pelat merah tersebut.

Bayu menyebut mekanisme lelang terbuka diawali dengan pengumuman terbuka bahwa Perum Bulog Nanti akan membeli Sebanyaknya beras.

“Lalu Nanti akan ada pendaftaran peminat lelang yang jumlahnya antara 80 sampai 100 perusahaan eksportir penjual,” kata Bayu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tahap selanjutnya, kata Bayu, Dengan kata lain sesi penjelasan. Pada sesi ini dijelaskan syarat dan Syarat mengikuti lelang terbuka yang merujuk pada praktek transparan dalam Perdagangan Global.

Syarat tersebut antara lain eksportir Dianjurkan punya pengalaman pernah mengekspor, Dianjurkan bersedia diinspeksi Bila Wajib dan Dianjurkan bersedia menerbitkan uang jaminan tender (bid bond), serta uang jaminan kinerja (performance bond) di bank terkemuka Indonesia, selain persyaratan administrasi lainnya.

Bayu mengatakan beberapa perusahaan, terutama yang baru, biasanya Nanti akan mundur karena persyaratan yang ketat tersebut. Sehingga, yang kemudian Sungguh-sungguh ikut lelang sekitar 40-50 perusahaan.

“Lalu kami melakukan lelang secara terbuka di mana pergerakan penawaran harga dari masing-masing kandidat pemasok bisa terlihat jelas oleh kandidat mitra lainnya serta semua peserta lelang,” ujarnya.

“Semua kami lakukan secara transparan sesuai dengan komitmen kami dalam melakukan transformasi. Kepercayaan pada Perdagangan Global sangatlah mahal harganya, karenanya Dianjurkan Setiap Waktu kami jaga,” imbuhnya.

Sebelumnya, laporan penggelembungan harga Perdagangan Masuk Negeri beras Sebelumnya sampai ke ranah KPK.

Bulog mendapatkan penugasan untuk mengimpor beras dari Kementerian Perdagangan sebesar 3,6 juta ton di 2024. Pada periode Januari-Mei 2024, jumlah Perdagangan Masuk Negeri Pernah mencapai 2,2 juta ton.

Perdagangan Masuk Negeri dilakukan oleh Bulog secara berkala dengan melihat neraca perberasan nasional, serta mengutamakan penyerapan beras dan gabah dalam negeri.

Sampai akhir Juni, Bulog Sebelumnya menyerap 800 ribu ton beras dalam negeri dan optimis bisa menyerap 1 juta ton beras, melebihi dari target pemerintah.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto membantah isu penggelembungan harga Perdagangan Masuk Negeri beras yang Pada saat ini tengah menyeret perusahaan pelat merah tersebut.

Menurutnya, perusahaan asal Vietnam, Tan Long Vietnam, yang disebut jadi distributor Perdagangan Masuk Negeri beras ke Bulog, justru tak memiliki kontrak apapun dengan BUMN pangan itu di 2024 ini. Maka, mustahil Bila ada penggelembungan harga antarkedua belah pihak.

“Perusahaan Tan Long Vietnam yang diberitakan Menyajikan penawaran beras, Kenyataannya tidak pernah mengajukan penawaran sejak bidding tahun 2024 dibuka. Jadi tidak memiliki keterikatan kontrak Perdagangan Masuk Negeri dengan kami pada tahun ini,” ucap Mokhamad Suyamto dalam keterangan tertulis.

(yla/pra)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA