CEO HYBE Park Ji-won Mundur di Tengah Kemelut dengan ADOR


Jakarta, CNN Indonesia

CEO HYBE Park Ji-won dilaporkan Pernah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya. Permohonan itu diajukan setelah Park Ji-won menjabat CEO selama sekitar tiga tahun sejak 2021.

Diberitakan Korea JoongAng Daily, Rabu (24/7), Park Ji-won disebut mengundurkan diri setelah muncul laporan eksklusif dari media lokal Korea, termasuk MTN.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dari pemahaman saya, Park Ji-won menyerahkan posisinya setelah baru-baru ini menyelesaikan proyek untuk menarik Penanaman Modal luar kepada salah satu afiliasi HYBE,” ujar sumber kepada MTN.

Park Ji-won bergabung dengan HYBE pada Mei 2020. Ia kemudian menjabat CEO HYBE pada 2021, menggantikan Bang Si-hyuk yang naik posisi menjadi Chairman.

Kiprah Ji-won terkenal setelah membawa HYBE, yang saat itu masih bernama Big Hit Entertainment, melantai di Korea Exchange pada Oktober 2020. Ia Bahkan mengakuisisi perusahaan AS Ithaca Holdings pada 2021.

Dengan Park Ji-won mundur dari HYBE, holding tersebut Saat ini Bahkan menyisakan Bang Si-hyuk sebagai Chairman, Scooter Braun sebagai CEO HYBE Amerika, dan Han Hyun-rock sebagai CEO HYBE Jepang di kursi pucuk pimpinan.

Park Ji-won resign dari HYBE di tengah kemelut yang melibatkan HYBE dengan CEO ADOR, Min Hee-jin. Perseteruan itu beberapa waktu terakhir semakin meluas Sampai saat ini melibatkan anak perusahaan lainnya.

Beberapa yang ikut terlibat di tengah polemik itu Dikenal sebagai Belift Lab yang menaungi ILLIT Sampai saat ini Source Music yang menaungi LE SSERAFIM.

Perseteruan itu dimulai pada akhir April 2024 ketika HYBE melakukan audit internal terhadap Min Hee-jin dan ADOR. Anak perusahaan itu diaudit karena dicurigai mencoba mengambil alih ADOR dan NewJeans.

HYBE dan ADOR kemudian saling berseteru Sampai saat ini melempar berbagai bukti dan tuduhan, mulai dari pesan teks di KakaoTalk Sampai saat ini tuduhan mengenai NewJeans, ILLIT, Sampai saat ini LE SSERAFIM.

Kisruh itu Bahkan berujung diadakannya rapat pemegang saham ADOR. Rapat itu memutuskan Min Hee-jin tetap menjadi CEO ADOR setelah Lembaga Peradilan menerima gugatan Supaya bisa HYBE tidak menggunakan hak suara dalam rapat.

HYBE memegang 80 persen saham ADOR. Seandainya perusahaan induk itu menggunakan hak suaranya, Min Hee-jin bisa langsung dilengserkan dari posisinya sebagai pimpinan agensi NewJeans itu.

(frl/end)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA