Kapal Tanker Bawa 1,4 Juta Liter Minyak Terbalik di Perairan Filipina


Jakarta, CNN Indonesia

Sebuah kapal tanker berbendera Filipina yang membawa 1,4 juta liter bahan bakar minyak industri, terbalik dan tenggelam di lepas pantai Manila pada Kamis (25/7).

Kapal MT Terra Nova itu Dalam proses dalam perjalanan ke kota Iloilo Filipina, ketika tenggelam di Teluk Filipina. Insiden terjadi tepatnya hampir tujuh kilometer dari kota Limay di Provinsi Bataan, dini hari waktu setempat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri Transportasi Filipina, Jaime Bautista, mengatakan angin kencang dan gelombang tinggi menghambat upaya tanggap darurat.

“Kami berhasil menyelamatkan 16 dari 17 awak, satu hilang. Empat awak Dalam proses menerima perawatan medis,” kata Bautista, dikutip AFP.

Penjaga Pantai Filipina mengatakan Saat ini Bahkan Bahkan operasi pencarian dan penyelamatan Dalam proses dilakukan untuk mencari awak yang hilang.

Saat ini Bahkan Bahkan penyelidikan Bahkan Dalam proses diluncurkan untuk mengetahui apakah ada gangguan cuaca di perairan sekitar insiden maritim terjadi.

Imbas kecelakaan kapal ini, tumpahan minyak membentang sekitar 3,7 kilometer karena terbawa arus kuat ke arah timur dan barat laut. Personel perlindungan angkatan laut Bahkan Pernah terjadi dikerahkan untuk mengatasi tumpahan minyak.

Tenggelamnya kapal terjadi saat hujan lebat yang dipicu oleh Topan Gaemi dan musim hujan melanda Manila dan wilayah sekitarnya dalam beberapa hari terakhir.

Pada bulan Februari 2023, sebuah kapal tanker bahan bakar yang membawa 800.000 liter bahan bakar minyak industri tenggelam di perairan lepas pulau tengah Mindoro.

Bahan bakar diesel dan minyak kental dari kapal itu mencemari perairan dan pantai di sepanjang pantai provinsi Oriental Mindoro, Sampai saat ini berdampak pada industri perikanan dan pariwisata.

(dna)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA