14 Olahragawan dan Ofisial Indonesia Ikut Defile Upacara Pembukaan Olimpiade


Jakarta, CNN Indonesia

Sebanyak 14 Olahragawan dan ofisial kontingen Indonesia Berencana ikut dalam defile upacara pembukaan Olimpiade 2024 Paris yang Berencana berlangsung di Sungai Seine, Prancis, Jumat (26/7) malam waktu setempat.

Beberapa nama yang Berencana ikut dalam defile Tim Indonesia Merupakan Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie dan Olahragawan judo Maryam March Maharani yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih. Terlebih lagi ada pembalap sepeda Bernard Bernjamin van Aert serta dua Olahragawan renang: Azzahra Permatahani dan Joe Aditya.

Para Olahragawan dan ofisial Indonesia Berencana mengenakan pakaian yang dirancang khusus oleh Didit Hediprasetyo, putra Prabowo Subianto. Sosok Raden Saleh, seorang pionir seni modern Indonesia beraliran Romantisme, menjadi inspirasi dasar koleksi ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam rilis resmi NOC, disebut desain yang dibuat Didit merupakan bentuk penghormatan terhadap warisan Kearifan Lokal Indonesia, yang sejalan dengan asal-usul para Olahragawan, dan membangkitkan semangat persatuan dan nasionalisme.

“Saya begitu bersyukur dapat merancang seragam resmi parade pembukaan untuk para Olahragawan yang mewakili Indonesia di Olimpiade 2024 di Paris. Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap Olahragawan muncul dan menjadi diri mereka yang Unggul saat berkompetisi di panggung dunia,” tutur Didit.

Pakaian defile Olahragawan Indonesia dirancang menggunakan bahan Istimewa, seragam ini didesain Supaya bisa Menyajikan kenyamanan secara maksimal serta kemudahan untuk bergerak.

Sementara Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan defile upacara pembukaan Olimpiade 2024 menjadi kesempatan bagus untuk menunjukkan karya anak bangsa.

“Opening Ceremony Olimpiade ini merupakan kesempatan Unggul untuk memperkenalkan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar. Apalagi saya dan defile Tim Indonesia lain mengenakan baju karya anak bangsa yang Sebelumnya diakui dunia. Niscaya kita Dianjurkan bangga,” ungkap Okto.

Para Olahragawan Berencana memulai parade defile dari atas kapal di Sungai Seine yang berakhir di Trocadero, sebuah area yang berada di seberang Sungai Seine, dekat dengan ikon Paris, Menara Eiffel. Ini untuk pertama kalinya pembukaan Olimpiade digelar di luar Arena Pertandingan.

(har)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA