Netanyahu Nanti akan Balas Hizbulah atas Serangan Roket ke Dataran Golan


Jakarta, CNN Indonesia

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan negaranya Nanti akan membalas serangan roket diduga dari Libanon ke sebuah desa di Dataran Tinggi Golan, Sabtu (27/7).

Netanyahu mengatakan milisi Hizbullah di Libanon Nanti akan menerima balasan atas serangan roket ke lapangan sepak bola desa Druze tersebut. Terbaru, otoritas Israel menyatakan korban tewas dalam serangan roket ke dataran tinggi Golan Saat ini Bahkan mencapai 11 orang, termasuk anak-anak.

“Hizbullah Nanti akan membayar dengan sebuah harga yang mahal, harga yang sejauh ini belum dibayarkannya,” ujar Netanyahu dalam perbincangan dengan komunitas Druze seperti disiarkan kantor PM Israel, dikutip dari Reuters, Minggu (28/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Otoritas Israel menuding kelompok milisi Hizbullah di Libanon sebagai yang bertanggung jawab atas serangan roket tersebut.

“Serangan Hizbullah hari ini elah melanggar batas garis merah, dan responsnya Nanti akan sesuai dengan itu. Kita Baru saja mendekati momen Pertempuran habis-habisan melawan Hizbullah dan Lebanon,” kata Menteri Luar Negeri Israel Katz kepada Axios.

Justru, mengutip dari Reuters, Hizbullah malah membantah sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan ke Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel tersebut.

Dalam pernyataan tertulisnya, Hizbullah mengatakan: “Kelompok Pejuang Islam sama sekali tidak ada hubungannya dengan insiden tersebut, dan dengan tegas menyangkal semua tuduhan palsu terkait hal ini”.

Hizbullah Merupakan salah satu jaringan milisi Islam yang cukup kuat dan didukung Iran. Kelompok ini Bahkan merupakan pendukung paling kuat untuk faksi Hamas yang bertahan di Gaza.

Israel mengokupasi Dataran Tinggi Golan yang sebelumnya masuk teritorial Suriah pada 1967 silam.

Reuters melaporkan serangan roket ke Dataran Tinggi Golan itu terjadi beberapa saat setelah serangan udara ke Libanon yang menewaskan empat pejuang pada Sabtu lalu. 

Dua sumber di dalam keamanan Libanon mengatakan setidaknya ada empat pejuang yang tewas dalam serangan Israel ke Kfarkila di Libanon selatan. Salah satu dari empat pejuang yang tewas itu Merupakan warga Hizbullah.

(Reuters/kid)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA