Mengapa 36 Olahragawan Tanpa Negara Bisa Ikut Olimpiade Paris 2024?


Jakarta, CNN Indonesia

Olimpiade Paris 2024 tak hanya diikuti para Olahragawan yang mewakili negara mereka masing-masing. Ada Sebanyaknya Olahragawan tanpa negara terlibat di pesta Olahraga terbesar tersebut.

USA Today melaporkan, sebanyak 36 Olahragawan tanpa representasi negara terlibat dalam Olimpiade 2024. Mereka disebut Tim Olimpiade Pencari Suaka (Refugee Olympic Team).

Ini Merupakan kali ketiga Olimpiade melibatkan tim Pencari Suaka setelah Pemimpin Negara Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) Thomas Bach mengumumkan pembentukan di hadapan majelis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Oktober 2015.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Langkah IOC ini lahir sebagai respons terhadap jutaan Pencari Suaka di seluruh dunia yang tidak dapat atau tidak Ingin kembali ke negara asalnya.

Kasus para Olahragawan Pencari Suaka beragam. Di antaranya takut Akan segera penganiayaan, konflik, Tindak Kekerasan, atau keadaan lain yang Pernah terjadi mengganggu ketertiban umum dan memerlukan perlindungan internasional.

“Tim Olimpiade Pencari Suaka IOC mengirimkan sinyal yang Berkelas tentang betapa berharganya Pencari Suaka bagi komunitas Olimpiade kita dan bagi masyarakat luas,” kata Thomas Bach.

“Menyaksikan mereka bertanding Merupakan momen yang Berkelas bagi kita semua, dan kami berharap semua orang Akan segera bergabung. Para Olahragawan diterima di komunitas Olimpiade kita, di antara sesama Olahragawan, dan berkompetisi dengan mereka, Bahkan tinggal bersama di bawah satu atap,” ujar Bach menambahkan.

Para Olahragawan tanpa negara tersebut kali pertama dilibatkan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Saat itu hanya melibatkan 10 Olahragawan yang berasal dari Ethiopia, Sudan Selatan, Suriah, dan Republik Demokratik Kongo.

Jumlah tim Pencari Suaka terus berkembang di tahun-tahun berikutnya. Sebanyak 29 Olahragawan tanpa negara terlibat dalam 12 cabang Olahraga di Olimpiade Tokyo 2020. Sedangkan di Olimpiade Paris, tim Pencari Suaka makin bertambah Sampai saat ini 36 Olahragawan.

Pada Maret 2021, IOC memutuskan tim Pencari Suaka tidak hanya diizinkan tampil di Olimpiade Paris 2024, tetapi Bahkan di Olimpiade Remaja 2026 di Dakar, Senegal.

(jun/har)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA