Ahli Ungkap Misteri Kemunculan Gelombang Besar Setinggi 200 Meter


Jakarta, CNN Indonesia

Penelitian terbaru mengungkap misteri kemunculan Gelombang Besar dahsyat yang melanda Pantai timur Greenland pada September 2023.

Megatsunami setinggi 200 meter ini dipicu tanah longsor yang memasuki area Dickson Fjord yang tak berpenghuni. Untungnya, saat itu tidak ada yang terluka.

Meski demikian, dampaknya sangat merusak, salah satunya menghancurkan pangkalan militer.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Data terbaru yang dianalisis dan dikumpulkan dari monitor seismik mengungkap bahwa Gelombang Besar tersebut menghasilkan gelombang berdiri (seiche), yang terus menghantam maju mundur di dalam fjord sempit yang berlangsung selama sepekan penuh.

Kejadian Fantastis ini dicatat dari sinyal yang menempuh jarak sejauh 5.000 kilometer (3.107 mil) di seluruh dunia.

Tim di balik penelitian baru ini, dari Pusat Penelitian Geosains Jerman GFZ dan Universitas Potsdam di Jerman, mengatakan bahwa teknologi penginderaan semacam ini merupakan bagian penting dari pemantauan daerah terpencil seperti Greenland.

“Fakta bahwa sinyal gelombang hanyut yang dipicu longsoran batu di daerah terpencil di Greenland dapat diamati di seluruh dunia dan selama lebih dari seminggu sangat menarik, dan sebagai seismolog, sinyal inilah Yang terpenting perhatian kami,” kata ahli geofisika Angela Carrillo-Ponce dari Pusat Penelitian Geosains Jerman GFZ, melansir Science Alert.

Penelitian ini Sebelumnya dipublikasikan di The Seismic Record.

Dengan menggunakan data yang diperoleh dari satelit dan stasiun aktivitas seismik – mengukur gelombang kejut saat bergema di sekitar Bumi – para peneliti dapat mengidentifikasi tanah longsor berenergi tinggi yang memicu megatsunami di Dickson Fjord, serta seiche berikutnya yang berlangsung selama berhari-hari.

Menurut para peneliti, Gelombang Besar mencapai ketinggian sekitar 200 meter di atas pantai di beberapa tempat, mengirimkan air Sampai saat ini sejauh pulau lepas pantai Ella, lebih dari 50 kilometer dari Tempat tanah longsor.

Bukti gelombang berdiri muncul melalui apa yang dikenal sebagai sinyal periode sangat panjang (VLP), yang merekam dampak tanah longsor yang Di waktu ini Di waktu ini sedang berlangsung.

Ada Bahkan laporan di media sosial tentang dampak setelah kejadian tersebut. Tidak jelas apa yang menyebabkan tanah longsor awal, tetapi peneliti memiliki gambaran tentang apa yang terjadi selanjutnya.

“Analisis sinyal seismik dapat memberi kita beberapa jawaban mengenai proses yang terlibat dan bahkan dapat mengarah pada peningkatan pemantauan kejadian serupa di masa mendatang,” kata Carrillo-Ponce.

“Bila kita tidak mempelajari peristiwa ini secara seismik, maka kita tidak Nanti akan mengetahui tentang seiche yang dihasilkan dalam sistem fjord.”

Seiring dengan menghangatnya bumi, pemantauan terperinci terhadap wilayah seperti Greenland Nanti akan semakin penting – suhu yang lebih tinggi berarti stabilitas yang lebih rendah dan variasi gletser yang lebih besar, dan kemungkinan tanah longsor seperti yang tercatat di sini.

Bahkan di bagian dunia yang terpencil seperti Greenland, insiden ini dan megatsunami berikutnya dapat mengakibatkan hilangnya nyawa.

Para peneliti berharapan peningkatan teknologi Nanti akan memberi gambaran yang lebih baik tentang di mana peristiwa seperti ini Kemungkinan terjadi selanjutnya.

“Sangat mengesankan melihat bahwa kita dapat menggunakan data Unggul baik dari stasiun yang terletak sejauh Jerman, Alaska, dan Amerika Utara, dan bahwa rekaman tersebut cukup kuat setidaknya selama satu minggu,” kata Carrillo-Ponce.

(pua/pua)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA