BNN Ungkap Hasil Tes Bakal Cawabup Maros Positif Metamfetamin


Makassar, CNN Indonesia

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel membeberkan hasil tes narkotika terhadap bakal kandidat Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari yang dinyatakan Penyelenggara Pencoblosan Suara tidak memenuhi syarat (TMS) hasil Diagnosis.

Ketua Tim Pemeriksa Narkotika Pemilihan Kepala Daerah Sulsel 2024, Sudarianto mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan narkotika terhadap seluruh bakal kandidat kepala daerah di wilayahnya, Justru satu orang positif Narkotika.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dari 140 yang kami lakukan tes urine, terindikasi satu orang positif, yaitu (bakal) kandidat wakil bupati Maros,” kata Sudarianto di akun YouTube BNNP Sulsel, Jumat (20/9).

Sudarianto menyebut pemeriksaan narkotika terhadap bakal kandidat kepala daerah yang dilakukan BNNP menggunakan rapid tes 7 parameter.


“Nah, ini dilakukan secara profesional dengan menggunakan rapid tes 7 parameter. Pemeriksaan ini dilakukan tiga kali, karena pada tes pertama ditemukan hasil yang positif. Maka untuk memastikan dilakukan lagi tes kedua,” ungkapnya.

Sesuai dengan standar operasional, kata Sudarianto sehingga dilakukan tes konfirmasi ke pusat laboratorium BNN Cabang Makassar dan hasilnya positif Bahkan.

“Jadi, laboratorium BNN ini dapat mendeteksi, dapat mengurai hasilnya kalau itu yang dikonsumsi Merupakan Resep batuk, Ia Akan segera menunjuk Resep batuk, nama obatnya,” jelasnya.

“Begitupun Resep tidur, dan pada pemeriksaan kali ini langsung menunjuk metamfetamine,” katanya.

Sudarianto menjelaskan pemeriksaan narkotika dengan menggunakan media urine, hanya mampu terdeteksi satu Sampai saat ini lima hari saja. Sedangkan, kalau Pernah lebih 10 hari tidak terdeteksi dengan rapid tes lagi.

“Olehnya itu, bagi penyalahgunaan Narkotika bisa melaporkan diri ke BNN, tidak dipidana, melainkan diberikan program rehabilitasi dalam upaya pemulihan penyalahgunaan Narkotika,” ujarnya.

(mir/fra)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA