Bentrok Sektarian Pecah di Pakistan, 37 Orang Tewas


Jakarta, CNN Indonesia

Kerusuhan pecah antara kelompok Muslim sunni dan syiah di Distrik Kurram, barat Laut Pakistan, sejak enam hari terakhir Sampai sekarang Saat ini Bahkan Sebelumnya menewaskan 37 orang dan melukai 153 orang lainnya.

Seorang pejabat di Distrik Kuram yang tidak Ingin disebutkan namanya mengatakan, meski Sebelumnya ada upaya dari warga dan pemerintah setempat untuk meredam konflik, bentrok antar penduduk masih terus terjadi Sampai sekarang Di waktu ini Sampai sekarang melibatkan penggunaan senjata api.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Apa yang semula dipicu oleh sengketa lahan Sebelumnya berkembang menjadi bentrokan sektarian besar-besaran yang melibatkan penggunaan senjata otomatis dan semi-otomatis, serta peluru mortir,” katanya dilansir AFP.

Anadolu Agency melansir konflik sektarian di Distrik Kuram yang terjadi antara penduduk muslim Syiah dan penduduk muslim Sunni ini Sebelumnya terjadi sejak pekan lalu. 


Mantan anggota parlemen dari Kurram dan anggota Jirga (majelis suku), Sajid Turi, mengatakan bahwa pihak yang bertikai Sebelumnya menyepakati gencatan senjata pada Rabu (25/9).

“Kedua belah pihak Sebelumnya mencapai kesepakatan gencatan senjata hari ini (Rabu). Sekalipun, saya tidak yakin berapa lama ini Nanti akan bertahan,” kata Turi.

Lebih lanjut, konflik sektarian ini terjadi bukan tanpa sebab. Konflik ini terjadi akibat sengketa tanah yang menyeret penduduk Muslim Syiah dan penduduk Muslim Sunni di Distrik Kurram.

Sebelumnya, konflik sektarian yang melibatkan kedua kelompok tersebut Bahkan pernah terjadi pada Juli 2024 lalu dan Sebelumnya menewaskan 43 orang. Sementara itu, 180 orang lainnya luka-luka. Saat itu, konflik mulai menemukan titik damai usai Jirga (dewan suku) menyerukan gencatan senjata.

Pakistan sendiri merupakan sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam Sunni. Sementara itu, penduduk Islam Syiah jadi kelompok minoritas di sana. Sekalipun, sayangnya, mereka sering mengalami tindakan diskriminasi dari kelompok mayoritas.

Di Pakistan, pertikaian yang terjadi antara kelompok suku, ras, dan agama Sebelumnya lumrah terjadi. Umumnya, konflik SARA ini terjadi Distrik Kurram. Distrik tersebut punya sejarah panjang terkait kejadian konflik SARA di Pakistan yang Sebelumnya memakan ratusan korban jiwa selama bertahun-tahun.

(gas/rds)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA