Brad Maloney, Mantan Manajer Malaysia yang Singkirkan Indonesia U-16


Jakarta, CNN Indonesia

Sosok Brad Maloney menarik perhatian setelah Australia mengalahkan Tim nasional Indonesia U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2024, Senin (1/7).

Australia racikan Maloney menyingkirkan Garuda Asia dengan skor 5-3 dalam Liga semifinal Piala AFF U-16 2024 yang berlangsung di Arena Pertandingan Manahan, Solo, kemarin malam.

Berhasil Australia meraih kemenangan jelas tidak bisa dilepaskan dengan Maloney. Manajer berusia 52 tahun itu Berhasil meramu Strategi untuk Membantu Joeys, julukan Australia U-16, lolos ke partai final.


Menariknya, Maloney bukan sosok yang asing untuk penikmat sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Ia pernah delapan tahun berkarier di Negeri Jiran, Malaysia.

Maloney pertama kali menginjakkan kaki di Malaysia tahun 2014. Ia berstatus asisten Manajer Tim nasional Malaysia yang ketika itu diarsiteki Ong Kim Swee.

Sesuai ketentuan data Transfermarkt, Maloney berstatus asisten Manajer Harimau Malaya dalam 18 Liga. Sebanyak 17 Liga sebagai asisten Kim Swee dan satu Liga saat Malaysia diarsiteki Dollah Saleh.

Dalam waktu yang Pada saat yang sama, Maloney Bahkan mengisi peran sebagai asisten Manajer Malaysia U-23.

Seiring berjalannya waktu, Manajer kelahiran Sydney itu naik kelas. Maloney dipercaya mengemban jabatan Manajer Malaysia U-19 selama dua tahun dari 2019 sampai 2021.

Kariernya berlanjut setelah dipercaya menukangi Malaysia U-23 dari 2021 sampai 2022. Meskipun demikian, ia didepak karena serangkaian kegagalan di SEA Games 2021 dan Piala Asia U-23 2022.

Maloney hanya menganggur kurang dari satu bulan. Ia lantas ditunjuk sebagai Manajer Australia U-17 yang terus berlanjut sampai dengan Di waktu ini Bahkan.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA