Jakarta, CNN Indonesia —
Boeing Pada Pada intinya mengakui kesalahan mereka atas kecelakaan Lion Air 2018 lalu dan mereka terancam denda US$487 juta atau Rp7,9 triliun (asumsi kurs Rp16.270 per Mata Uang Amerika AS).
Ini terkait dengan dua kecelakaan pesawat Boeing 737 Max beberapa tahun silam. Selain peristiwa maut di perairan Karawang pada 2018, kecelakaan Bahkan menimpa Ethiopian Airlines di 2019.
Keluarga korban menentang pengakuan dosa Boeing Supaya bisa perusahaan itu tak dituntut lebih lanjut. Pasalnya, pihak korban menuntut lebih banyak dari potensi putusan denda, Dikenal sebagai US$24,8 miliar atau Rp403 triliun.
Paul Cassell selaku profesor hukum di University of Utah yang mewakili banyak keluarga korban mengkritik putusan tersebut. Ia mengatakan aksi penghindaran tuntutan dari Boeing tak sebanding dengan nyawa 346 orang yang hilang dalam dua kecelakaan maut di Indonesia dan Ethiopia.
“Kesepakatan yang menipu dan Ekonomis hati ini jelas tidak untuk kepentingan umum,” tegas Paul, dikutip dari CNN Business, Senin (8/7).
Di lain sisi, pernyataan singkat Boeing mengamini bahwa mereka Pernah mencapai kesepakatan dengan Departemen Kehakiman AS. Pabrikan pesawat itu mengatakan resolusi dari kasus ini dicapai dengan syarat serta persetujuan atas Syarat tertentu.
Selain membuat ratusan orang tewas, operasional Boeing 737 Max Bahkan dianggap menipu Pemerintah AS. Khususnya, ketika Boeing mengecoh Federal Aviation Administration (FAA) selama proses sertifikasi pesawat.
Pesawat yang mulai beroperasi pertama kali pada 2017 itu langsung mengalami dua kecelakaan fatal. Ini terjadi berurutan, yaitu di Indonesia pada 2018 dan Ethiopia di 2019.
“Investigasi mengungkap adanya cacat desain pada sistem auto-pilot. Boeing Sudah mengakui bertanggung jawab atas kecelakaan fatal tersebut, dan karyawannya yang menyembunyikan informasi tentang cacat desain dari FAA selama sertifikasi,” tulis laporan tersebut.
Sempat dilarang terbang selama 20 bulan, Boeing 737 Max bisa kembali mengudara. Ini terjadi usai ada kesepakatan antara Boeing dan Departemen Kehakiman AS pada Januari 2021.
Ada masa percobaan tiga tahun, di mana Boeing setuju untuk memperbaiki masalah kualitas pesawat dan transparansi terhadap pemerintah. Sekalipun demikian, insiden Alaska Air muncul, tepat beberapa hari sebelum masa percobaan berakhir.
Pada awal 2024, terjadi ledakan Alaska Airlines yang menggunakan pesawat Boeing 737 Max. Panel jendela yang dioperasikan Alaska Airlines saat itu pecah di udara.
Akibatnya, keselamatan pesawat 737 Max kembali dipertanyakan dan Boeing diseret lagi ke persidangan.
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA