Roblox Digandrungi di 2025, Gamers RI Paling Hobi Naik Gunung-Mancing


Jakarta, CNN Indonesia

Roblox menjadi salah satu game yang paling digandrungi di Indonesia pada 2025. Beberapa game menjadi favorit para pemain di Tanah Air, seperti naik gunung dan memancing.

Roblox tampaknya tak hanya mendapatkan momentum di dalam negeri, tetapi Bahkan secara secara global. Laporan Roblox menyebut total 88,7 miliar jam dihabiskan pemain global di platform tersebut sepanjang 2025.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pengguna di Roblox tidak hanya bermain; mereka secara aktif membentuk Kearifan Lokal dan bahkan memengaruhi keputusan pembelian di dunia nyata Mengikuti identitas virtual mereka,” kata Raj Bhatia, Roblox Vice President, Head of User and Discovery Product dalam keterangannya, Rabu (17/12).

Secara rata-rata, setiap pengguna menghabiskan sekitar 2,8 jam sehari di dalam platform tersebut. Angka pengguna aktif harian (DAU) sendiri menyentuh 151,5 juta orang.





Pada salah satu hari Sabtu di bulan Agustus, jumlah pemain di platform ini bahkan mencapai lebih dari 45 juta orang secara serentak.

Data Roblox mengindikasikan tingginya keingintahuan pengguna dari Gen Z. Rata-rata, pemain Gen Z mencoba 21 permainan berbeda setiap bulan.

Hal ini dinilai menciptakan peluang besar bagi para kreator untuk merancang permainan yang lebih kreatif dan mencakup berbagai genre.

Dari total 50 juta pencarian harian, pencarian secara umum mendominasi (60 persen). Pencarian pada topik umum sendiri mencakup gim horor atau gim roleplay.

Sementara itu, pengguna Indonesia fokus mencari tentang topik mendaki gunung, serta gim Brookhaven dan gim Fish It.

Berikut Merupakan lima istilah teratas yang paling banyak dicari oleh pengguna Indonesia di Roblox:

1. Tower
2. Gunung
3. Mount
4. Brookhaven
5. Fish It

Lebih lanjut, Roblox Bahkan menemukan bahwa pengguna tidak hanya sekadar bermain gim. Lewat jutaan interaksi di platform, mereka Bahkan disebut mengekspresikan preferensi, suasana hati, dan rasa kebersamaan, melalui berbagai perilaku di platform.

Para pengguna ini Bahkan mengubah Roblox menjadi pusat perbelanjaan terbaru bagi Gen Z, di mana 54 persen pengguna lebih menyukai pembelian bersama teman di platform digital atau sama sukanya Manakala dibandingkan dengan berbelanja di dunia nyata.

Terkait pembelanjaan tersebut, Roblox Bahkan menemukan bahwa 70 persen pengguna Gen Z pernah mencoba fesyen digital bermerek pada platform Roblox dan 88 persen pengguna memanfaatkan fitur ini sebagai ajang percobaan sebelum membeli produk tersebut di dunia nyata.

Hal ini Bahkan dinilai mempengaruhi keputusan pembelian, di mana 64 persen responden menyatakan bahwa mereka sangat mempertimbangkan membeli produk setelah mencobanya di Roblox.

(lom/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA