Hyundai Serahkan Kona Electric ke Blue Bird Jadi Taksi Listrik di IKN


Jakarta, CNN Indonesia

Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada Kamis (25/7) menyerahkan Kona Electric kepada tiga konsumen pertama dan sepuluh unit khusus untuk PT Blue Bird Tbk. yang bakal menggunakannya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Hari ini kami secara langsung menyerahkan unit All New Kona Electric pada tiga konsumen pertama serta 10 unit kepada salah satu mitra kami Blue Bird yang Nanti akan digunakan untuk menunjang kebutuhan mobilitas bersih di IKN Nusantara,” kata Diky Zulkarnaen, Chief Sales Officer HMID saat penyerahan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menjelaskan serah terima hari ini dimungkinkan berkat kehadiran suplai lengkap produksi Kendaraan Pribadi listrik Hyundai dari hulu ke hilir. Hal ini, lanjutnya, Sebelumnya ditandai dengan peresmian pabrik baterai sel Hyundai pada awal Juli lalu.

Menurut Ia pabrik sel baterai itu menghasilkan baterai Kendaraan Pribadi listrik hasil karya anak bangsa pertama dan menjadikan Kona Electric sebagai Kendaraan Pribadi listrik pertama dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN terbesar) di Indonesia.

“Dengan kehadiran All New Kona Electric kami berharap dapat Mengoptimalkan market share EV yang Di waktu ini berada di 2,6 persen sampai 2,7 persen, sehingga menciptakan market baru di pasar otomotif Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Commercial Officer PT Blue Bird Tbk., Coody Johasman Madjid percaya mobilitas dan keberlanjutan dapat berjalan secara berurutan.

Oleh karena itu sejak tahun pihaknya Sebelumnya mulai merealisasikan hal ini dengan meluncurkan armada taksi listrik di dua layanannya yaitu di Blue Bird taksi dan Silver Blue Bird.

“Ditambah lagi berbagai inisiatif keberlanjutan secara konsisten Bahkan terus dilakukan untuk menciptakan mobilitas yang ramah lingkungan,” ucapnya.

Blue Bird Sebelumnya mengoperasikan banyak Kendaraan Pribadi listrik dari berbagai merek, termasuk Tesla Model X, BYD e6, BYD T3 dan Hyundai Ioniq 5. Menurut Coody, Blue Bird Pernah terjadi mengurangi ribuan ton emisi karbon di jalanan karena penggunaan Motor Listrik.

“Tahun ini menandakan 5 tahun tepat kami menggunakan armada listrik untuk Menyajikan seluruh masyarakat Indonesia. Meski sempat di hadapkan pada pandemi, tetap menunjukkan komitmen kami untuk terus mengupayakan penggunaan kendaraan armada listrik,” ucapnya.

Kona Electric merupakan Kendaraan Pribadi listrik pertama Hyundai yang menggunakan paket baterai buatan dalam negeri produksi Hyundai Energy Indonesia. Paket baterai itu didukung sel baterai dari Hyundai LG Indonesia (GLI) Green Power.

Kona Electric resmi menjadi Kendaraan Pribadi listrik termurah yang ditawarkan Hyundai di Indonesia Di waktu ini. Posisinya di bawah Ioniq 5 dan Ioniq 6.

Kendaraan Pribadi ini dibekali dua pilihan baterai, Dengan kata lain 48,4 kWh dan 65,4 kWh. Ada tiga pilihan jarak tempuh yaitu 400 km, 500 km dan 600 km.

(nzl/fea)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA